Subscribe to Feeds

Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan.

Wanita yang cantik tanpa peribadi yang mulia ,umpama kaca mata yang bersinar-bersinar, tetapi tidak melihat apa-apa.

Contoh Paragraf tentang Fenomena Multimedia

PENDAHULUAN

Paragraf merupakan bagian karangan yang terdiri atas beberapa kalimat yang berkaitan secara utuh dan padu serta membentuk satu kesatuan pikiran. Pada dasarnya paragraf dibentuk oleh tiga unsur, yaitu :
  • Gagasan pokok (gagasan utama)
Merupakan jiwa dari karangan yang berisi ide dasar masalah yang akan dibicarakan dalam paragraf. Gagasan pokok biasanya dituangkan didalam kalimat topik. Sebuah paragraf harus memiliki gagasan pokok. 
  • Kalimat topic
Kalimat topik adalah kalimat yang paling terpenting dalam sebuah paragraph karena merupakan ide utama dalam paragraph tersebut. Topik juga mengontrol dan membatasi ide yang didiskusikan dalam paragraph. Jika sebuah paragraph tidak memiliki kalimat topic maka tidak jelas sesuatu atau maksud yang dituangkan oleh penulis.
  • Kalimat pendukung

CONTOH PARAGRAF

FENOMENA MULTIMEDIA

Seseorang dalam mempelajari suatu bidang keilmuan yang bersifat ilmiah tidak akan pernah lepas dari peranan ilmu bahasa dan juga pemanfaatan teknologi multimedia karena peranan ilmu bahasa akan sangat menentukan kualitas dari sebuah tulisan ilmiah dan pemanfaatan teknologi multimedia seperti video tutorial dan aplikasi interaktif akan sangat memudahkan pemahaman seseorang mengenai apa yang sedang dipelajarinya

Berdasarkan dari fenomena yang ada bahwa hampir dari semua orang pernah menggunakan segala sesuatunya dengan multimedia, misalnya seperti alat untuk berinteraksi / bertelekomunikasi, sarana untuk berkarya, berusaha (bisnis), maupun sarana untuk pembelajaran. Hal ini memang memiliki banyak dampak positif seperti segala sesuatunya menjadi lebih praktis dan interaktif namun hal itu pula yang menyebabkan dampak yang kurang baik tentunya. Misalnya saja seperti sebuah TV dan komputer jika terlalu lama digunakan dapat merusak mata, sebuah telepon/HP yang jika terlalu lama digunakan akan merusak radiasi di otak, dan lain-lain.

Fenomena multimedia memang sudah tidak bisa terlepas dari kehidupan kita, karena memang sangat membantu dalam melakukan banyak hal seperti pembelajaran ilmiah dan lain sebagainya namun jangan pernah lupa akan dampak buruknya. Atas dasar pertimbangan itulah maka kita sebagai pengguna sebaiknya dapat memilah – milah dan bertindak sebijaksana mungkin akan berbagai macam pemanfaatan multimedia yang ada disekitar kita.

0 komentar:

Posting Komentar